Sejarah Asal Mula Motor Harley versi "Chopper"
Sejarah Perkembangan.
sebelum munculnya era choppers adalah hadir terlebih dahulu era "bobbers" yang berasal dari kata "bobbed" atau melepaskan sebagian besar beban dari motor, pada umum nya adalah melepas atau memotong fender depan dan belakang dengan tujuan untuk membuat motor menjadi lebih ringan dan juga laju motor lebih cepat dan motor menjadi lebih simple.
ini adalah tampilan original dari Harley Davidson. the American Classic 750cc WLC 1943!
Spoiler for Choppers:
seperti kita lihat penampilan nya yang bongsor dan berkesan berat sangat terlihat, atas pertimbangan itu lah para modifikator berupaya melepas parts motor atau meminimalisir parts yang ada.
dan selanjut nya dibawah ini adalah contoh Harley Davidson Bobber Style.
Spoiler for Choppers:
bisa kita lihat perbedaan nya sekarang, tidak ada fender depan, engine guard bar,dan fender belakang dipangkas seminimal mungkin, demikian juga dengan exhaust tip yang di pendekan.
Di Amerika Serikat pada zaman perang dunia ke II,mekanik yang pulang dari peperang,mereka mulai melepaskan bagian dari motor yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi atau bagian yang tidak berarti sama sekali dan tidak berpengaruh pada kinerja mesin seperti fenders depan dan belakang,dan bahkan rem depan juga kadang ada yg di lepas.
Ini adalah tampilan masa peralihan dari era Bobbers ke Choppers.
Spoiler for Choppers:
Spring saddle yang tinggi dan besar juga di lepaskan dengan tujuan agar si pengendara duduk serendah mungkin ke bagian frame motor tersebut,dan yang utama adalah pada bagian mesin nya yang di setting ulang agar performance mesin meningkat secara extreme,yang kadang di setting untuk dirt-track dan mud-race.
dibawah ini adalah contoh beberapa motor era bobbed chopped :
Spoiler for Choppers:
high bars/ape bar,cat/pewarnaan motor lebih eye catching dan berbeda.Dengan perubahan yang sangat ekstreme dari settingan pabrikan menjadikan choppers cukup sulit di kendalikan dalam kecepatan rendah tapi sangat sangat stabil dan nyaman pada kecepatan tinggi dan kecepatan tertentu, ini di sebabkan oleh perubahan pada frame asli yang di rubah oleh para builders,dan perubahan fork depan yang menjadi lebih panjang dan tinggi menjadi salah satu faktor handling pada choppers, bagian belakang di desain dengan ban belakang yang sangat lebar dan besar tetapi berdiameter kecil selain itu,bagian foot rest yang di pasang lebih memanjang kedepan dan bagian depan motor yang menggunakan "high bars" dan fork depan yang panjang,band depan yang kecil tetapi berdiameter sangat besar juga penggantian fenders depan dan belakang dengan yang lebih extreme minimalist dan juga pada tank bensin dan tank oli yang di rubah dengan yang lebih kecil,simple dan nyentrik menjadikan gaya aliran choppers lebih menarik perhatian riders lain nya.
Spoiler for Choppers:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar